Ed dan Sebuah Senyum

Hei, kita ketemu lagi. Entah apa yang dimau Tuhan  sampe kita ketemu begini. Lu mau denger cerita apa? Sori, gue yakin lu cuma mau denger cerita gue kan? Terus lu tulis apa-apa yang gue bilang. Gitu kan? Udah nggak usah gelagapan gitu. Santai aja, lagian gue emang mau cerita.

Suatu hari temen gue bilang gini, "Lu lebay deh Ed!" Bisa lu tebak kenapa temen gue bilang begitu? Semua gara-gara ia sering banget liat gue nyeberang jalan, sambil tangan gue kasih kode ke yang bawa motor atau mobil, mandang kira-kira aman nggak kalau gue nyeberang. Sambil nganggukin kepala dan ngelempar senyum, atau seringkali sambil kasih jempol buat mereka yang udah kasih jalan buat gue nyeberang. Ada yang salah nggak sama cara gue? Gue mikir sih biasa aja, nggak lebay kayak yang dibilang temen gue.

Tapi setelah gue perhatiin, normalnya orang nyeberang jalan itu begini: kasih kode lewat ayunan tangan sambil mata liat kondisi jalan. Tamat. Dingin. Gue ngeliatnya kayak robot yang nyeberang, tau nggak sih lu? Seolah semua hal yang dilakuin manusia itu ada SOP-nya. Kita jadi jarang ngebangun sesuatu secara personal, even dalam hal nyeberang jalan. Kalau ngebandingin sama cara kebanyakan orang, ya tentu temen gue itu bener. Gue lebay, lebih ekstrim lagi gue nggak normal. Tapi sekarang gue nanya ke lu deh, apa cara gue itu salah?

Sederhananya gini, gue cuma mau ngehargain mereka yang udah ngehargain gue (dalam hal ini kasih gue kesempatan buat nyeberang). Sekedar kasih senyum dan isyarat jempol sebagai ucapan terima kasih gue pikir udah hal paling kecil yang bisa gue lakuin buat mereka. Gitu doang sih. Lagian gue inget, Tuhan nyuruh kita buat berbuat baik, ya walaupun cuma pake sebuah senyum. Gila, maaaan! Senyum aja udah dikasih harga kebaikan sama Tuhan!  Buat gue yang celengan amalnya masih diisi receh, jadi ngelempar senyum itu jadi sesuatu yang berharga banget yang bisa ngisi kekosongan celengan gue. Secara, PR iman dan amal gue banyak yang perlu diperbaiki.

Terus sebelum gue cerita ini ke lu, tiba-tiba ada kalimat ajaib yang nyelip di antara julur-julur saraf otak gue. Kalimat itu bunyinya gini: seringkali kita bersyukur sama sesuatu yang besar, tapi lupa kalau banyak hal kecil yang juga perlu disyukuri.

Lu mau kemana abis ini? Gue mau mangkal ke Togamas, cari referensi buat tugas filsafat gue yang pekan depan harus dikumpulin. Lu mau ikut?



source : http://graphicsheat.com/tumblr-photography/
-by Ed, yang lagi mencari.


Comments

johanurma said…
stuju...
gue juga kadang kasih senyum atau plus anggukan buat orang2 yang sudah berbaik hati menghentikan laju kendaraan mereka buat gue lewat
Unknown said…
Ed pasti seneng banget kalau dia baca komenmu, Teh :)
Unknown said…
Sebut saja teman :)
lia falsista said…
Suka banget sama tokoh Ed yang super nyantai, tapi tetep, pemikir yang oke. Merindukan cerita lanjutan.
Unknown said…
nanti, kalau Ed mampir lagi ya. doain dia ga bosen sama saya. *eh

Popular posts from this blog

Ketika Dolly Ditutup

10 Buku Ini...

Cirebon #2 : Sunyi di Sunyaragi