Ed dan Hati yang Patah

Aku melihatnya hari ini. Ransel cokelat ia gantungkan di sebelah lengan. Kaos oblongnya agak kedodoran membalut perawakannya yang kurus. Hanya segaris senyum menyembul saat ia mulai menghampiriku. 

***

Ngapain lu di sini? Nungguin gue ya? Hahaha. Muka lu ngingetin gue sama temen gue. Cewek. Temen sekelas gue. Dia lagi patah hati. Lu tau kayak apa rasanya? Hahaha.

Dengerin gue ya. Gue ketemu Zara, temen gue itu kemarin. Dia lagi ngelamun di Taman Jomblo, taman yang baru banget diresmiin Ridwan Kamil hari Sabtu kemarin. Iseng banget ya gue mampir ke sana. Haha. Gue jomblo sih, jadi perlu banget nyoba duduk-duduk di bangku kotak-kotak yang cuma muat didudukin satu orang itu. Nah, di situlah gue ketemu Zara! Kita duduk berhadapan. Saling nggak berharap kalau kita berjodoh. Gue males bangetlah ngebahas beginian. Anyway, gue emang iseng aja sih. Penasaran gimana rupa jomblo-jomblo yang menghias taman itu. Sumpah.

Ngapain juga gue main sumpah-sumpahan. Konyol banget gue! Aih, lu malah ketawa! Baguslah kalau kekonyolan gue bikin lu ketawa begitu. Artinya, satu koin masuk plung ke celengan amal gue, yang tempo hari gue bilang isinya recehan semua.

Back to the topic lah ya. Gue serius. Lu pernah patah hati?

Zara bilang, rasanya kayak ada yang meledak di hati. Atau tiba-tiba hati lu ketimpa beban yang gede banget, sampe lu sesek nafas saking gedenya beban itu. Pecah, meledak. Gue juga nggak ngerti hati yang meledak itu kayak gimana. Tapi nggak lucu juga kalau gue tanya langsung ke Zara. Jadi gue cuma ngangguk aja waktu dia bilang begitu.

Lu nggak tau lagi apa ada air mata yang nyisa di kantung air mata lu. Zara juga bilang begitu. Zara ngejelasin definisi patah hati hampir satu jam. Cewek, kalau udah main sama kata-kata, emang rada susah ngitung waktu yang mereka buang. Eh, sori ya. Gue nggak maksud nyinggung lu. Gue lupa kalau lu juga cewek. Hehe. Lanjut ya. Katanya, serasa ada sesuatu yang terbang lalu hati lu dibiarin kosong melompong. Sejujurnya gue melongo denger Zara bilang gitu. Aneh nggak sih? Di awal dia bilang kayak ada beban yang penuh banget di hatinya, eh sekarang dia bilang hatinya kosong melompong. Lagi-lagi gue nemu fakta tentang cewek. Belum bisa gue generalisasi sih, seenggaknya itu jadi catetan sendiri buat gue ketika nanti harus punya hubungan deket sama cewek. Hehe.

Zara bilang, cinta pertamanya sewaktu SMP tiba-tiba kirim undangan nikah. Gila, man! Sumpah gue ngitung pake jari, berapa lama si Zara nyantolin hatinya ke cinta zaman putih biru-nya itu. Tujuh tahun, man! Gue tanya ke dia, apa Zara sama si cinta putih biru-nya itu punya hubungan khusus. Zara cuma gelengin kepala. Makin aneh aja. Jadi cintanya itu memang bertepuk sebelah tangan. Alamak!

So, gue emang cuek. Cuek banget masalah ginian. Jadi lu jangan komentar apa-apa kalau gue bilang, lu buang-buang waktu buat ngeratapin seseorang yang bahkan nggak tau sama sekali sama perasaan lu. Gue bilang ke Zara, tiap luka itu pasti ada obatnya. Pun, hati yang koyak-koyak gitu juga pasti ada obatnya. Lu pernah denger nggak kalau dengan inget Tuhan, hati lu bakal tenang? Itu yang gue bilang juga ke Zara. Bayangin, gimana rasanya kalau hati lu penuh sama Tuhan? Gue nggak sanggup bayangin. Tapi sumpah, gue pingin bisa ngerasain hati yang kayak gitu. Doain gue ya!

Banyak hal yang anak muda macem kita ini sia-siakan. Cinta cuma diobral nggak pake bandrol harga bahkan. Seneng-seneng, foya-foya. Nggak tau bakal dibawa ke pelabuhan mana cintanya itu. Nggak semuanya berakhir di pernikahan. Lalu suatu hari mereka nangis-nangis, duduk di Taman Jomblo. Balik lagi jadi jomblo. Susah buat move on. Hari-harinya jadi kelabu lantaran nggak ada lagi yang nanya, udah makan belum? Lagi apa sekarang? Di mana? Sama siapa? Gue sayang sama kamu.  Tamat. Parahnya, seringkali itu jadi siklus yang berulang. Lalu lebih parah lagi kalau ceritanya kayak Zara temen gue. Buang-buang air mata buat dia yang nggak pernah tau sebesar apa cinta Zara ke dia. Duh, kasian amat.

Hey, come on guys! Lu muda. Lu punya energi lebih. Jatuh cinta itu wajar. Tapi lebih seru kalau lu berusaha ngejaga perasaan lu, nggak diumbar sekenanya. Inget cerita Ali-Fatimah? Gue inget dikit sih. Nggak ngobral perasaan suka atau sayang atau cinta itu gue tau susahnya ampun-ampunan. Gila, tantangannya itu, man! Tapi kalau dengan cara kayak gitu Tuhan jadi sayang banget sama lu, lu bisa nolak?


Source : tumblr


Diceritakan oleh Ed, tadi sore.

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Dolly Ditutup

10 Buku Ini...

Cirebon #2 : Sunyi di Sunyaragi