6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Ada Bazar Buku

Saya baru menyadari kalau saya ini bukan penggila buku beneran. Buktinya, saya jarang banget tuh rela-rela desak-desakan datang ke event pameran atau bazar buku macam itu. Pusing dan sumpek! Saya nggak bisa berada di tengah kerumunan orang. Kalau ada bazar buku, saya memillih datang di jam yang kira-kira orang masih asyik ngetem di kantor. Saya juga nggak pernah ngejar pameran buku sampai ke luar kota, seperti waktu ada event Big Bad Wolf di Jakarta tahun lalu, yang bikin kakak saya heboh setengah mati. 

Nomor yang bikin saya rela antri satu setengah jam

Tapi tiba-tiba, gara-gara mas-mas gr*media yang sepekan lalu ngompor-ngomporin bakal ada cuci gudang di gudangnya toko buku itu, maka hari Minggu kemarin, berdandanlah saya secara antusias: pokoknya saya bakal borong buku!

Dan well, ternyata hunting buku di bazar macam cuci gudangnya gr*media itu butuh perjuangan. Butuh antri sekian jam untuk bisa masuk menikmati surganya buku itu. Dan parahnya, orang-orang rela buat antri demi bisa ngegondol sekardus buku! Saya? Saya sih anteng aja. Target ngeborongnya pun nggak jauh-jauh dari nominal seratus ribu rupiah. Kebayang kan bakal dapat buku sebanyak apa? Hehe.

Suuuuurrgaaaaaa~
Maka dari hasil perburuan saya siang kemarin, saya dapat 10 buku dengan membayar 70 ribu aja. Ya lieur sih habisnya. Lapar juga. Capek. So, sepanjang saya berburu, yang ada di otak cuma ini: kayaknya saya perlu nulis blogpost tentang gimana cara efektif buat bisa konsen menghadapi buku yang melimpah ruah bak mangga di musim mangga (ya iyalah).

Dan ini dia 6 hal yang perlu kamu lakukan ketika ada bazar buku: 

Pilih... piliihh...
  1. Catat Jadwal. Penting lho buat kamu catat jadwal bazarnya, semisal hari apa dan jam berapa. Ini biar kamu bisa ngira-ngira, waktu mana yang sekiranya lowong dan bikin kamu leluasa buat hunting, karena bukan cuma kamu doang kan yang demen buku. Lebih bagus sih kamu dateng lebih pagi, misalnya beberapa menit sebelum bazar dibuka. Biar kamu fresh dan lebih siap ngacak-ngacak buku yang ada di bazar!
  2.  Tentukan Budget. Iyalah, tentu. Pertama kali mendengar kata pameran buku atau bazar buku, biasanya yang ada di pikiran saya adalah kondisi kantong. Apakah memang ada budget untuk memborong buku atau nggak. Baiknya sih tiap bulan kita memang punya simpanan untuk hal-hal macam ini. Tapi kalau nggak punya simpanan, kudu pintar-pintar atur sana-sini agar tetap bisa belanja buku. Caranya, tentukan budget! Berapa yang bisa kamu belanjakan untuk beli buku kesukaanmu? Menentukan budget untuk pergi ke pameran atau bazar buku jadi penting supaya dompetmu nggak bolong karena kalap setelah pulang dari sana, lalu kamu cuma bisa gigit buku-buku yang udah masuk kantung belanjamu.
  3. Buar Daftar Pencarian. Selain penting membuat budgeting, kamu juga perlu membuat daftar buku yang memang mau kamu cari. Selain bisa membuatmu fokus dalam mencari sebuah jarum di antara tumpukan jemari, juga supaya kamu nggak kebobolan. Karena biasanya buku yang dipajang di pameran atau bazar itu beraneka rupa dan kita nggak pernah tahu ada buku macam apa aja di sana, maka mulailah buat daftar buku dengan tema atau genre apa aja yang kamu suka, selain buat daftar buku apa yang benar-benar sedang kamu butuhkan.
  4.  Sarapan atau minimal bawa air dan camilan. Kalau modelnya kayak pameran buku yang biasa kita datengin di Braga itu atau di Pusdai itu sih, kayaknya nggak perlu deh ya bawa bekal segala, tapi kalau event nya kayak cuci gudangnya Gr*med atau Big Bad Wolf yang para pesertanya diberi jatah waktu, kayaknya perlu tuh sarapan sama bawa camilan. Waktu ngantrinya aja bisa satu jam, belum lagi waktu "berburu"nya juga satu jam. Kebayang kaaan  gimana dehidrasinya kita...
  5. Tenang. Take a deep breath... Biasanya orang, lebih terbangun jiwa kompetisinya kalau ngeliat orang lain secara komunal bersiap-siap menuju ke satu tujuan yang sama. Kayak misalnya kita ngantri buat masuk bis sewaktu mudik lah. Ilustrasinya begitu. Saran saya, baiknya kamu tenang aja. Buku yang kamu mau belum tentu sama kan kayak yang orang lain mau. Jadi sebetulnya kamu punya chance yang besar buat dapetin buku yang udah kamu incer. Nah, sikap tenang itulah modal buat kita biar bisa fokus. Nggak usah deh rese sama orang lain. Fokus sama tujuan kamu sendiri. Tenang ajaa kaka...
  6. Baca Petunjuk. Yip! Ini perlu lho, biar kamu nggak kayak orang hilang! Haha.. Biasanya penyelenggara bazar memasang papan-papan petunjuk di seantero ruangan bazar. Papan petunjuk itu biasanya juga bisa berupa jenis atau genre buku di rak, range harga buku dan lain-lain. Dengan membaca tanda, kamu bisa fokus cari buku yang kamu cari berdasarkan genre-nya atau berdasarkan range harganya.
Hasil perburuan

Hm, kira-kira itu sih yang bisa saya bagi. Mumpung kamu masih punya banyak waktu sampai akhir bulan ini untuk bisa terjun langsung di antara ribuan buku di gudang bukunya Gr*media Bandung. Kamu punya tips dan trik tambahan selain hal-hal tadi? Yuk bagi juga! Biar saya bisa langsung praktekin juga waktu ke cuci gudangnya Gr*media akhir pekan nanti. Siap berburu buku lagi? Saya sih siappp!


Comments

apppppppit said…
minggu ini ada lagi teh? mauuuuu
johanurma said…
itu bazar buku bener-bener bikin mupeng >.<
sayangnya belum sempet kesana

Popular posts from this blog

Ketika Dolly Ditutup

10 Buku Ini...

Cirebon #2 : Sunyi di Sunyaragi