Ed dan Soal Berat Badan

Sebentar, gue haus. Gue minta tehnya, ya! Eh, udah sampai mana kita tadi? Oya, lagi-lagi tentang cewek. 

Satu yang mesti lu tau tentang cewek. Ups, lu pastinya lebih banyak tau tentang cewek daripada gue. Tapi nggak ada salahnya juga sih kalau gue ngomong apa yang sebenernya lu udah tau. Cewek, suka berlebihan kalau ngeliat jarum timbangan bergerak agak condong ke kanan. Bener nggak sih? Rata-rata temen cewek gue, selalu bereaksi macem teriak kalau sadar angka di timbangan itu representasi kondisi badannnya. Sebagian langsung denial-menyangkal kalau badannya makin tumbuh ke samping. Mereka bilang, timbangannya harus dikalibrasi ulang. Sebagian lagi langsung bikin program diet ala OCD atau pola karbo-protein atau food combining ala Erick Karlebang. Asal jangan sampe bulimia nervosa atau anorexia nervosa aja sih menurut gue mah. Lu tau kan, banyak selebriti yang terjebak eating disorder? Kita hidup sejaman sama Mary Kate Olsen, bintang yang dulu melejit di serial Full House (kejamanan nggak sama lu?) bareng saudara kembarnya Ashley Olsen? Dia ternyata sempet ngalamin anorexia. Penyanyi Alanis Morissette dan Geri Halliwel juga ngalamin bulimia.

Gue tanya deh ke lu. Kenapa sih masalah berat badan sering bikin perempuan turun self-esteem-nya? Gue mesti geleng-geleng kepala liat fenomena macem ini. Apa sih yang ada di pikiran para cewek itu? Apa iya, gambaran badan ideal itu yang tinggi lagi kurus? Apa iya cantik itu mesti kurus? Mesti kayak model-model yang lenggak-lenggok di catwalk atau kayak boneka Barbie? Hahaha, kalau asumsi gue itu bener, berarti cewek-cewek gampang banget ditipu iklan yang majang model-model semampai itu, yang masukin konsep kalau cantik itu mesti kurus ke alam bawah sadar mereka. 

Apa iya, punya badan yang berisi itu jelek? Cantik dan jelek menurut pandangan siapa? Buat siapa sih bela-belain jadi kurus? Ah, gue nggak bisa jawab. Lu bisa ngewakilin cewek-cewek itu jawab pertanyaan gue mungkin?

Kalau badan lu tadinya kurus terus jadi gemukan dikit, syukurin aja. Mungkin itu cara Tuhan bikin lu tampak proporsional, bikin lu lebih fit dan nggak gampang sakit. Catetan nih ya, it's only happen if you have a healthy lifestyle! Kalau lu gemukan gara-gara lu masukin "sampah" ke badan lu, gue berani bilang kalau lu dzalim ke badan lu sendiri. Gemuk macem ini nggak sehat, malah bawa penyakit.

Di sini gue mau bilang kalau diet itu sah-sah aja. Namanya ngatur pola makan itu oke, tapi bukan nyiksa diri sendiri dengan makan jenis makanan tertentu dan menghindari sama sekali jenis makanan lainnya. Badan kita butuh nutrisi seimbang. Lagian, makan yang bener (baca: yang seimbang), itu jadi jalan buat kita bersyukur atas nikmat yang Tuhan kasih lewat badan kita. Itu aja sih rumusnya menurut gue. Terus berusaha jadi kurus buat keliatan cantik itu non-sense. Gila, lucu aja kali hidup cuma buat mikirin 'gue cantik kalau kurus dan gemuk artinya kiamat'. Gue yang liat tingkah laku macam itu aja capek liatnya. Lagian, di depan Tuhan, kita nggak diukur dari cantik-jeleknya atau kurus-gemuknya badan kok. Beauty is not count on your weight. Be thankful and respect your life.

Ah, gue ngecapruk banyak banget sore ini. Teh lu gue abisin ya? Eh, lu nggak kesinggung, kan?





Comments

Popular posts from this blog

Ketika Dolly Ditutup

10 Buku Ini...

Cirebon #2 : Sunyi di Sunyaragi