Ed dan Resolusi Tahun Baru


Hampir semua orang ngeributin tahun baru. Ah, cuma kalender doang yang repot ganti satu angka di belakangnya. Selebihnya? Sama. Nggak ada yang berubah. Resolusi itu cuma buat mereka yang yakin sama apa yang ditulis di Kitab Suci, kalau Tuhan nggak akan mengubah nasib kita kalau kita nggak ngubah diri kita. Titik. Jadi resolusi itu percuma buat mereka yang pecundang.

Gue termasuk yang bikin resolusi luar biasa. Gue pingin keliling Indonesia, maaaan! Gile, keren banget kan gue? Woy, duit darimana lu mau keliling Indonesia? Beberapa temen gue bilang begitu. Iya sih, setelah dipikir-pikir agak ketinggian juga resolusi gue tahun depan. Tapi sekali lagi, apa sih yang nggak mungkin buat Tuhan? Resolusi itu buat mereka yang beriman. Gue yakin seyakin-yakinnya kalau gue bisa ngewujudin itu. Perkara duit? Ah, itu mah gampang. Cuma soal kecil doang. Bagus dong, artinya gue punya drive untuk bisa ngewujudin resolusi gue. Ini namanya usaha. Ikhtiar orang bilang. Ya tentu, ikhtiar katanya nggak lengkap kalau nggak pake doa. Selebihnya? Pasrah, tapi bukan nyerah. Bagian ini gue masih belum ngerti. Tapi yowis lah, nanti juga gue bakal ngerti.

Ngomongin tahun baru, gue malah nggak sempet kepikiran buat beli pernak-pernik yang mungkin lu beli. Gue mikirin tugas filsafat gue yang nggak kelar-kelar dari dua minggu yang lalu. Gile! Makin susah aja orang jaman sekarang mikir kayak filsuf. Susaaaah, maaaan! Semuanya serba artifisial, nggak ada yang esensi. Kalaupun ada, lu tau nggak itu esensi nyarinya kayak nyari jarum di setumpukan jerami. Sekarang gue ngerti arti peribahasa yang waktu SD dijejelin ke kepala kita itu. Susah pake banget!

Jadi gue mikir sederhana aja sekarang, nggak pingin gue belagu jadi kayak filsuf yang bijaksana dan ngabisin banyak waktu buat cari makna. Resolusi kan kehendak manusia. Takdir itu kehendak Tuhan. Dua-duanya bisa jadi berjalan seirama, tapi bisa jadi pula yang satu ke utara, satunya lagi ke timur (bosen gue denger utara berpasangan sama selatan, jadi kita ganti nggak apa ya). Kalau mikirnya pake apa yang diajarin sama guru-guru ngaji kita, maka anggapan kalau manusia itu punya kehendak bebas, jelas-jelas terpatahkan. Aha! Tuhan emang paling jagoan dalam hal apapun. Iya, manusia bebas kok mau bercita-cita setinggi langit atau mau bikin resolusi yang ajib kayak yang gue bikin. Tapi ya itu, harus siap kalau ternyata apa yang diimpikan nggak sejalan sama garis takdir yang udah ditulis Tuhan jauh sebelum manusianya sendiri lahir ke dunia.

Nah, gue jadi paham kan artinya pasrah, tawakal? Mungkin ini kali ya yang disebut tawakal? Manusia berencana dan berdoa, ikhtiar mati-matian. Kalau nggak pake ilmu tawakal? 

Ah, gue ngecapruk apaan sih? Udah ah, mending gue cepet-cepet mandi. Perut gue udah mulai keroncongan. Ah, moga hujannya turun sepanjang hari, biar gue bisa tidur nyenyak ntar malem. Ya kalaupun harus begadang ngerjain tugas filsafat gue, gue nggak akan keganggu sama suara terompet, kembang api, petasan, atau suara knalpot yang udah dimodif jadi aneh-aneh itu!




-written by Ed
yang sedang mencari.

Comments

Ed ini fiksi ya mbak?
Suka sama gaya bahasanya, gaul tapi ngena :)
Maaf mbak baru baca dan mampir di blog mbak!

Nchop kemarin lagi ngedate ama buku soalnye hhe
Unknown said…
berangkat dr kenyataan :)

gih, lanjutin nge-date nya! hehe. sy juga mau nge-date sama BSR ke 4 :D

Popular posts from this blog

Ketika Dolly Ditutup

10 Buku Ini...

Cirebon #2 : Sunyi di Sunyaragi