Finding Islam : Menjadi Agen Islam di Perjalanan



Judul buku : Finding Islam - Selalu Ada Cahaya di Setiap Perjalanan
Penulis   : Iin Mutia, dkk.
Penerbit : QultumMedia
Tanggal terbit : September 2014
Tebal     : 230 halaman
Harga    : Rp 53.000,-





Buku Finding Islam yang baru saja terbit ini berisikan sekumpulan kisah perjalanan para penulisnya di beberapa negara, antara lain Spanyol, Thailand, Belanda, India, Portugal, Iraq, dan tentu saja Indonesia. Ditulis oleh para blogger, buku ini mengajak kita untuk menemukan Islam dalam perjalanan yang mereka lalui. Seperti yang dikisahkan oleh Nabila As'ad yang sempat tinggal di Portugal. Mengingat muslim adalah penduduk minoritas di Portugal, maka keberadaan Nabila dengan jilbab yang dikenakannya seringkali mengundang perhatian penduduk setempat. Iin Mutia justru mengajak kita menengok apa yang tersisa dari kejayaan Islam di Spanyol. Atau mari kita coba tengok cerita Olenka yang pernah singgah di Taj Mahal dan menemukan masjid di sisi bangunan indah di India itu justru sepi jamaah, seperti cerita Nurul yang menyimak subuh yang sepi di negara mayoritas muslim, Indonesia. 

Rupa-rupa pengalaman penulis dalam melakukan perjalanan sebagai seorang muslim bisa kita simak dalam buku ini, plus beberapa catatan kecil untuk memandu kita menemukan hotel atau restoran halal di negara orang, seperti yang dikisahkan oleh Awan ketika pelesir di Thailand.

Buku ini ringan dan ditulis dengan gaya bertutur yang santai, tidak seperti buku-buku travel guide. Selipan foto-foto yang mewakili setiap tulisan juga mengajak kita semakin tergiur untuk bisa melangkahkan kaki ke tempat-tempat tersebut. Terlebih, penonjolan identitas muslim dalam buku ini menantang kita untuk menjawab pertanyaan ini : sanggupkah kita menjadi agen Islam dalam setiap perjalanan yang kita lakukan?

Yeah, buku ini layak sekali untuk ada di deretan buku traveling di rak buku!

Comments

Popular posts from this blog

Ketika Dolly Ditutup

10 Buku Ini...

Cirebon #2 : Sunyi di Sunyaragi